Powered By Blogger

Kamis, 17 Februari 2011

PNPM Contoh Demokrasi Akar Rumput

Wakil Presiden (Wapres) Boediono menyatakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri merupakan salah satu contoh demokrasi tingkat akar rumput.

“Karena dalam proyek PNPM Mandiri, masyarakat menentukan sendiri apa yang dibutuhkan, kemudian bersama-sama diberikan uang pancingan, baik dari pusat maupun daerah untuk melakukan kegiatannya,” kata Boediono di sela dialog dengan kelompok masyarakat penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Dusun Keramat I, Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Jumat.

Ia menjelaskan, dari beberapa kunjungan kerja yang dilakukannya, proyek PNPM Mandiri rata-rata berjalan sukses, karena apa yang dibangun memang keinginan masyarakat, seperti di Desa Kuala Dua yang membangun jembatan beton dan jalan beton dari bantuan PNPM Mandiri.

“Berhasilnya proyek PNPM Mandiri karena juga disiapkan pendamping teknisnya, sehingga bisa menjawab kebutuhan teknis masyarakat, sehingga hasilnya bisa optimal,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wapres mengajak masyarakat untuk berperan serta mengawasi penyaluran PNPM Mandiri agar uang yang disalurkan pemerintah tidak menyimpang dari apa yang diinginkan masyarakat.

“Jangan sampai bantuan PNPM Mandiri digunakan untuk kepentingan sekelompok maupun keuntungan pribadi. Untuk itulah peran serta masyarakat dalam mengawasinya cukup penting,” katanya.

Dana PNPM Mandiri hingga kini memang belum bisa menyentuh seluruh daerah yang ada di Indonesia. “Tapi akan terus ditingkatkan sesuai kemampuan APBN agar bisa menyentuh seluruh daerah yang ada di Indonesia,” ujarnya.(*an/z)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar