Powered By Blogger

Kamis, 17 Februari 2011

EKONOMI PENTING DALAM DEMOKRASI

Wakil Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Dato' Haji Muhyiddin Haji Mohd Yassin mengatakan ekonomi memegang peran penting dalam proses demokrasi di sebuah negara.

"Demokrasi di sebuah negara dapat tercipta jika pencapaian ekonomi di sebuah negara tinggi," kata Tan Sri Dato Haji Muhyiddin ketika menyampaikan kuliah umum bertema "Demokrasi dan Pertanggungjawaban Sosial di Asia" di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Depok, Selasa.

Dikatakannya kekuatan demokrasi Indonesia adalah pada masyarakat sipil yang dinamis dan media yang bertanggung jawab. Ini tidak jauh berbeda dengan gaya pemerintahan Malaysia yang fleksibel dan dinamis.

Ia menilai proses demokrasi di Indonesia sudah berjalan sangat baik. Bahkan menurut dia, Indonesia merupakan negara dengan sistem demokrasi terbaik di Asia.

"Indonesia muncul sebagai contoh terbaik sebuah negara demokratis, bukan hanya di Asia Tenggara tetapi juga di dunia muslim," jelasnya.

Menurut dia, demokrasi juga akan semakin tak bermakna jika sebuah negara memiliki hutang dan angka pengangguran yang tinggi.

"Model baru ekonomi Malaysia adalah liberalisasi ekonomi untuk meraih status negara berpendapatan tinggi, tingkatkan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat," katanya.
Lebih lanjut ia mengatakan meski terdiri dari beragam suku bangsa, agama dan golongan proses demokrasi di Indonesia berjalan relatif lebih tertib dan aman.
"Ragam suku bangsa dengan masyarakat sipil yang dinamis dan media yang bertanggung jawab adalah sumber kekuatan di Indonesia," ujarnya.
Ia juga mengatakan proses demokrasi di Malaysia dapat berjalan dengan baik sebagaimana Indonesia, dengan menjalankan sistem pemerintahan yang dinamis demi memenuhi aspirasi rakyat.

"Pemerintah selalu responsif dengan tetap menjaga keberagaman warganya," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar