Powered By Blogger

Kamis, 17 Februari 2011

Idul Fitri Contoh Toleransi di Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar RI untuk Bulgaria, Immanuel Robert Inkiriwang, mengatakan bahwa perayaan Idul Fitri di Indonesia selain merupakan hari besar bagi umat Muslimyang merupakan salah satu contoh toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Indonesia.

Hal itu disampaikannya kepada para tamu dan undangan pada acara silaturahim menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1431 H di Wisma Duta di Sofia, Bulgaria, ujar Sekretaris Tiga Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sofia, Aditya Timoranto, dalam keterangan persnya yang diterima ANTARA News.

Acara itu selain dihadiri keluarga besar KBRI Sofia dan warga negara Indonesia di Bulgaria juga dihadiri kalangan diplomatik, antara lain Dubes Afganistan, Mohammad Daoud Panjshiri, Dubes Pakistan, dan Kausar Ahsan Iqbal, Ketua Klub Nusantara warga Bulgaria pencinta Indonesia, Krassin Himmirski, dan beberapa anggotanya termasuk mantan Dubes Bulgaria untuk Nigeria, Petar Konstantinov.

Sebelumnya, staf KBRI dan warga negara Indonesia di Bulgaria melakukan Shalat Idul Fitri bersama di KBRI, dan bertindak sebagat khatib Minister Counselor Ekonomi KBRI, Adi Hartomo.

Open house Idul Fitri diisi dengan kegiatan yang unik yaitu memilih Taman Nasional Pulau Komodo sebagai New Seven Wonders of Nature secara online dimana para tamu dan undangan melakukannya dengan menggunakan tujuh laptop yang disediakan secara khusus.

Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, acara silaturahim itu diadakan untuk menyambut Idul Fitri sekaligus mengenalkan keunikan tradisi di Indonesia kepada kalangan diplomatik dan masyarakat Bulgaria.,

Dubes RI menjelaskan perayaan Idul Fitri di Indonesia memiliki keunikan tersendiri karena telah menjadi bagian dari tradisi nasional di mana orang Indonesia saling mengunjungi dan bermaaf-maafan.

Sajian khas Lebaran, seperti ketupat, opor ayam, sambel goreng krecek, gulai kambing, dan berbagai kue jajanan pasar juga dihidangkan dalam acara itu.

Idul Fitri, atau yang dikenal sebagai Ramazan Bayram di Bulgaria, 1431 H jatuh pada tanggal 9 September di Bulgaria. Mayoritas dari hampir delapan juta penduduk Bulgaria beragama Kristen Ortodox dan Muslim menempati urutan kedua terbanyak mencapai 13 persen.
(T.U-ZG/P003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar